ALL About Framework Codeigniter

1. Pengertian dan sejarah Codeigniter

Codeigniter merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP yang ada. Codeigniter dikembangkan oleh Rick Ellis (http://www.ellislab.com). Tujuan dari pembuatan framework CodeIgniter ini menurut user manualnya adalah untuk menghasilkan framework yang akan dapat digunakan untuk pengembangan proyek pembuatan website secara lebih cepat dibandingkan dengan pembuatan website dengan cara koding secara manual, dengan menyediakan banyak sekali pustaka yang dibutuhkan dalam pembuatan website, dengan antarmuka yang sederhana dan struktur logika untuk mengakses pustaka yang dibutuhkan. CodeIgniter membiarkan kita untuk memfokuskan diri pada pembuatan website dengan meminimalkan pembuatan kode untuk berbagai tujuan pembuatan website. CodeIgniter merupakan perangkat lunak yang bersifat gratis, hal ini dikarenakan CodeIgniter mempunyai lisensi dibawah Apache/BSD-Style yang bersifat open source.

2. Kelebihan dan Kekurangan Codeigniter

Kelebihan Codeigniter dibandingkan dengan framework PHP lainnya, antaralain :
1.Performa sangat cepat
Proses eksekusi yang dimiliki oleh Codeigniter lebih cepat, bahkan sangat cepat dibandingkan dengan framework yang lainnya.
2.Konfigurasi yang sangat minim
Untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, yang perlu dilakukan hanyalah merubah sedikit saja file pada direktori config.
3.Banyak komunitas
Saat ini banyak ditemui komunitas Codeigniter, sehingga memudahkan para pengguna untuk saling berinteraksi.
4.Dokumentasi yang sangat lengkap
Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang lengkap dan sangat mudah dipahami.tidak hanya berupa list dari method-method yang ada di codeigniter, tapi lebih seperti sebuah ensiklopedia ditambah dengan contoh penggunaannya.
5.Plug and Play
Banyak diantaraframework, pada tahap instalasi saja sudah cukup memusingkan, belum lagi ada yang mengharuskan pengguna untuk mempunyai peran sebagai system administrator, namun hal tersebut tidak terdapatpada Codeigniter. Pada Codeignitercukup setting config.php dan mulai instalasi.
6.Model – View- Controller
Dengan adanya Model View Controller (MVC) akan memudahkan para pengguna untuk mengelola aplikasi mereka. Model hanya mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan database, Controller berisi logic dari aplikasi dan View untuk tampilan frontend.
7.Codeigniter bersifat open source
Codeigniter adalah framework bersifat gratis untukdapat digunakan dan dikembangkangkan secara legal. Codeigniter berlisensi Apache/BSD-style open source yang memperbolehkan penggunanaan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sifat open source inilah yang menjadi keunggulan utama dari codeigniter.

Sumber : Tutorial Karya Seamolec Batch4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s